DETAIL DOCUMENT
Analisis Biaya yang Mempengaruhi Praktik Predatory Pricing di E-Commerce Shopee
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Margaretha, Viona
Subject
Accounting 
Datestamp
2022-06-21 03:44:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya-biaya yang dapat mempengaruhi terjadinya predatory pricing pada sebuah E-Commerce. Kehadiran penjual crossborder yang berhasil menawarkan harga yang jauh lebih murah di E-Commerce Indonesia membawa kekhawatiran dan ancaman bagi UMKM lokal. Oleh karena itu, pemerintah dan Shopee memutuskan untuk melarang impor 13 kategori produk untuk mengantisipasi praktik bisnis yang tidak sehat. Fenomena seperti ini juga dikenal sebagai predatory pricing. Penetapan harga predator adalah tindakan menetapkan harga yang sangat rendah untuk menyingkirkan pesaing. Penelitian ini menggunakan studi kasus eksplanatori untuk memahami fenomena yang terjadi. Data yang digunakan untuk penelitian ini diambil dari Shopee yang berfokus pada persaingan antar penjual dalam negeri. Sejak 13 produk dengan filter lokasi "luar negeri" tidak dapat ditemukan lagi. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesamaan foto produk, harga jual serta informasi lain yang dapat digunakan untuk mendukung analisis penelitian. Analisis penelitian ini menunjukkan bahwa semua kategori mengalami teknik pemasaran, meskipun sebagian besar kategori diduga mengalami predatory pricing. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro