DETAIL DOCUMENT
Perancangan Produk Kemasan Ramah Lingkungan sebagai Fungsi Pemasaran Studi Kasus Pada UMKM Niki Eco
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Andreansyah, Tobby Putra
Subject
Product Design 
Datestamp
2022-09-13 08:34:49 
Abstract :
Di era globalisasi seperti sekarang persaingan bukan lagi tentang keunggulan kualitas produk dengan produk, namun elemen estetika juga dapat berfungsi sebagai daya tarik suatu produk. Salah satu elemen estetika yang berperan sebagai daya tarik produk adalah desain kemasan. UMKM merupakan bidang usaha yang pengelolaannya dilakukan oleh perseorangan. Salah satu hambatan bagi pengusaha yang ingin bergerak dalam UMKM adalah ketersediaan modal. Bagi UMKM rumahan yang modalnya terbatas dan persaingan harga yang ketat, kemasan produk bukan merupakan prioritas. Selain itu masih banyak pelaku UMKM yang menggunakan kemasan yang sulit terurai. Limbah-limbah tersebut membutuhkan waktu yang lama sehingga pada akhirnya merusak kelestarian lingkungan. Niki Eco adalah usaha rumahan yang bergerak di bidang kuliner dengan menjual bubur manis dengan berbagai macam rasa. Dalam konteks UMKM, Niki Eco termasuk kedalam kategori usaha mikro. Permasalahannya, kemasan yang digunakan oleh Niki Eco adalah berbahan gelas plastik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk merancang ulang produk kemasan Niki Eco sebagai fungsi pemasaran dengan memperhatikan material yang ramah lingkungan. Metode penelitian melalui wawancara dan observasi terdahap penjual Niki Eco, focus group discussion dengan pembeli dan penjual, serta menyebar kuesioner secara daring kepada pembeli untuk mengetahui pengaruh minat membeli suatu produk. Hasil dari data penelitian tersebut nantinya akan menjadi acuan dalam perancangan produk kemasan Niki Eco. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro