DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Awal Investasi dan Kredibilitas Influencer Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Widagdo, Jacob Alexander
Subject
Entrepreneurship 
Datestamp
2022-09-20 09:59:09 
Abstract :
Sekarang ini jumlah investor pasar modal telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sejak pandemi COVID-19 pada tahun 2020 lalu. Pertumbuhan jumlah investor ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia kedepannya. Pertumbuhan ini tentu saja terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yang mendorong minat seseorang untuk mulai berinvestasi di pasar modal. Sehingga penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mendorong minat berinvestasi di pasar modal dengan melakukan uji penelitian menggunakan variabel pengetahuan investasi, modal awal investasi, dan kredibilitas influencer di media sosial. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan calon investor dapat berhati-hati dalam mengambil keputusan sebelum melakukan investasi di pasar modal. Penelitian ini mengelola 200 data responden yang merupakan investor pasar modal ataupun sudah pernah melakukan investasi di pasar modal. Pengelolaan hasil data responden menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas influencer memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap minat investasi. Kemudian, pengetahuan investasi juga memberikan pengaruh terhadap minat investasi dan modal awal investasi memberikan pengaruh yang tidak terlalu signifikan terhadap minat investasi 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro