Abstract :
Customer loyality atau loyalitas pelanggan adalah kepuasan pelanggan atas suatu
produk atau jasa yang di produksi. pelanggan akan setia terhadap suatu produk apabila
produk yang dibeli sesusai dengan kriteria dan kebutuhan yang diperlukan. Dengan
loyalitas pelanggan dapat meningkatkan keuntungan bagi suatu perusahaan. Secara
umum loyalitas pelanggan adalah kepuasan pelanggan terhadap suatu produk dengan
continue atau terus menerus karena memiliki tingkat kepuasan yang tinggi dan pembeli
cenderung akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Dengan harapan
untuk orang lain dapat merasakan kepuasan yang dirasakan saat menggunakan produk
atau jasa tersebut.
PT. Rusan Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor
perkebunan khususnya di arang batok atau briquette. PT. Rusan Sejahtera terus
berupaya membuat strategi pemasaran agar tetap dapat mempertahankan loyalitas
pelanggan. Salah strategi yang dilakukan oleh PT. Rusan Sejahtera dengan menerapkan
strategi pemasaran 9P yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, proses, kemasan,
orang, bukti fisik, dan pembayaran. Dari setiap aspek 9P semuanya berhubungan
bagaimana perusahaan tersebut dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.