Institusion
Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
Author
Maulidiansyah, Muhammad Ahlan
Subject
TS Manufactures
Datestamp
2024-02-05 09:50:33
Abstract :
Kapal yang banyak digunakan oleh masyarakat Kepulauan Bangka Belitung harus
mengalami pengembangan agar mempermudah mobilisasi masyarakat. Waterjet
Thruster digunakan karena dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak
mengganggu ekosistem laut, karena mekanisme yang terjadi dengan sistem
propulsi tertutup kemudian menghasilkan gaya dorong dengan cara air dihisap
atau masuk melalui inlet dan disemburkan melalui outlet dengaan jalur keluar
dibuat menjadi lebih kecil sehingga momentum tekanan yang dihasilkan ikut
meningkat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya dorong yang
optimal dari sistem waterjet thruster dengan variasi sudut dan jumlah blade
impeller yaitu 30? 3 blade, 30? 5 blade, 45? 3 blade dan 45? 5 blade. Dalam
pembuatan komponen waterjet thruster yang berupa inlet, impeller dan outlet
menggunakan teknologi 3D printing dengan metode FDM dan dalam pencetakan
menggunakan filamen Super Tough Polylactic Acid (ST-PLA). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimental dengan mesin
bertransmisi medium etail menggunakan konsep mesin tempel pada perahu. Hasil
dari pengujian ini didapatkan nilai gaya dorong tertinggi yaitu impeller 30? 3 blade
dengan nilai 197,671 Newton dan nilai gaya dorong terendah yaitu impeller 45? 5
blade dengan nilai 135,378 Newton.
Kata Kunci : 3D Printing, impeller, ST-Pla, Waterjet Thruster