DETAIL DOCUMENT
Hubungan Pola Asuh Dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Nurul Huda Kepanjen Kabupaten Malang
Total View This Week36
Institusion
Politeknik Kesehatan RS Dr Soepraoen Kesdam V
Author
Afiah, Verlinda Ervita Nur
Subject
RJ125 Physiology of children and adolescents 
Datestamp
2019-09-16 07:00:46 
Abstract :
ABSTRAK Pola asuh merupakan perhatian dan waktu yang ibu berikan untuk memahami dan mendidik agar perkembangan anak lebih optimal, jika pola asuh ibu baik maka perkembangan anak baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara pola asuh ibu bekerja dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Desain penelitian yang digunakan observasional dianalisi secara analitik dilakukan secara cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 16 responden diambil dengan metode purposive sampling. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dan lembar KPSP, uji analisis data uji Sparman Rank. Hasil penelitian didapatkan pola asuh otoriter dengan perkembangan menyimpang 2 anak (20,0%), pola asuh otoriter dengan perkembangan meragukan 6 anak (60,0%), pola asuh otoriter dengan perkembangan sesuai 2 anak (20,0%). Dan pola asuh demokratis dengan perkembangan menyimpang tidak ada, pola asuh demokratis dengan perkembangan meragukan 1 anak (16,7%) dan pola asuh demokratis dengan perkembangan sesuai 5 anak (83,3%).Dalam penelitian ini menggunakan rumus Sparman Rank dengan tingkat kesalahan 0,05, dengan nilai signifikasi sebesar 0,012 (p<0,05). Karena nilai p value (0,012<0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan pola asuh ibu bekerja dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Huda Kepanjen Kabupaten Malang. Diharapkan ibu yang bekerja untuk memperhatikan pola asuh anak agar anak dapat berkembang secara optimal. Kata kunci : perkembangan anak, pola asuh ibu bekerja ABSTRACT Parenting is the concem and time that the mother gives to understand and educate so that the child’s development is more optimal, if the mother’s parenting is good then the child’s development is good. The purpose of this study was to determine the relationship between maternal parenting work and the development of childern aged 4-5 years. The research desigent used observational was analyzed analytically by cross sectional. The sample in this study amounted to 16 respondents taken by purposive sampling method. Retrieval of data using KPSP questionnaires and sheets, test the Sparman Rank test data analysis. The results showed authoritarian parenting with the development of deviating 2 children (20,0%), authoritarian parenting with the development of doubting 6 childern (60,0%), authoritarian parenting with development according to 2 childern (20,0%). And democratic upbringing with deviant developments does not exist, democratic parenting with the development of doubting one child (16,7%) and democratic parenting with development in accordance with 5 children (83,3%). In this study using the Sparman Rank formula with the error rate 0,05, with a significance value of 0,012 (p<0,05). Because the value of p value (0,012<0,05), then H0 is rejected and H1 is accepted. The conclusion of this study is that there is a relationship between parenting mothers working with the development of children aged 4-5 years in TK Nurul Huda Kepanjen Malang Regency. It is expected that mothers who work to pay attention to parenting so that children can develop optimally. Keywords : child development, working mother’s upbringin. 
Institution Info

Politeknik Kesehatan RS Dr Soepraoen Kesdam V