DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Permainan Monopoli Terhadap Pengetahuan Kebersihan Diri pada Anak Usia Sekolah di SDN 2 Gondanglegi Kulon Kabupaten Malang
Total View This Week35
Institusion
Politeknik Kesehatan RS Dr Soepraoen Kesdam V
Author
Chumairoh, Azizatulloh
Subject
RA773 Personal health and hygiene 
Datestamp
2019-09-30 02:28:09 
Abstract :
ABSTRAK Permasalahan kesehatan pada anak banyak ditemukan pada periode anak sekolah, masalah kesehatan tersebut meliputi kebersihan diri pada anak. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan kebersihan diri adalah melalui pendidikan kesehatan dengan metode permainan monopoli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode permainan monopoli terhadap kebersihan diri pada anak usia sekolah di SDN 2 Gondanglegi Kulon. Penelitian ini menggunakan desain Pra Eksperimen dengan rancangan one group pretest postest. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Besar sampel 19 responden. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan kebersihan diri. Uji data statistik menggunakan uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil pretest menunjukkan sebagian besar dengan kategori baik 14 responden (73,7%), sebagian kecil dengan kategori cukup 4 responden (21,1%), dan sebagian kecil dengan kategori kurang 1 responden (5,3%). Hasil postest menunjukkan hampir seluruh dengan kategori baik 17 responden (89,5%), sebagian kecil dengan kategori cukup 2 responden (10,5%), dan tidak satupun dengan kategori kurang 0 responden (0%). Hasil uji statistik diperoleh dengan hasil p value 0,001 (α ≤ 0,05) sehingga menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode permainan monopoli terhadap pengetahuan kebersihan diri pada anak usia sekolah di SDN 2 Gondanglegi kulon Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan perawat dapat memberikan pendidikan kesehatan dengan metode permainan monopoli pada anak usia sekolah. Kata kunci: Anak Usia Sekolah, Kebersihan Diri, Metode Permainan Monopoli, Pengetahuan ABSTRACT Health problems in children are often found in the period of school children, these health problems include personal hygiene in children. One way to improve personal hygiene knowledge is through health education with the monopoly game method. The purpose of this study is to analyze whether there is an influence of health education by the method of monopoly play on personal hygiene in school-age children in SDN 2 Gondanglegi Kulon. This design of this study used Experimental Pre with one group pretest posttest. The sampling technique was the total sampling method. The number of samples are 19 respondents. The variable of this research was knowledge of personal hygiene. Test statistical data using the Wilcoxon Sign Rank Test statistical test. The results of the pretest showed that the majority with a good category of 14 respondents (73.7%), a small portion with enough categories obtained 4 respondents (21.1%), and a small portion with less categories obtained 1 respondent (5.3%). The posttest results showed that almost all respondents with a good category of 17 respondents (89.5%), a small portion with enough categories obtained 2 respondents (10.5%), and none with less categories obtained 0 respondents (0%). The results of statistical tests were obtained with the results of p value 0.001 (α ≤ 0.05) so that there was an influence of health education by the method of playing a monopoly on knowledge of personal hygiene in school-age children in SDN 2 Gondanglegi kulon Kabupaten Malang. Based on this study, the nurses are expected to give health education with a monopoly game method for school-age children. Keywords: School Age Children, Personal Hygiene, Monopoly Game Method, Knowledge 
Institution Info

Politeknik Kesehatan RS Dr Soepraoen Kesdam V