DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Bercerita dengan Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Raudhotul Athfal Sunan Kalijaga Kecamatan Sukun Kota Malang.
Total View This Week32
Institusion
Politeknik Kesehatan RS Dr Soepraoen Kesdam V
Author
Sellinofia, .
Subject
 
Datestamp
2018-08-14 02:57:12 
Abstract :
ABSTRAK Perkembangan bahasa merupakan hal yang penting karena perkembangan bahasa berkaitan erat dengan pekembangan berfikir anak dan mengalami kerentanan diusia 5 tahun pertama kehidupannya yang merupakan pondasi untuk perkembangan selanjutnya, sehingga dibutuhkan stimulasi yang tepat sesuai dengan usianya. Salah satu stimulasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perkembangan Bahasa pada anak usia 4-5 tahun adalah dengan metode bercerita dengan gambar. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest design dimana pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah Sampel 8 responden. Hasil analisa data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai Z = -2.640 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) = 0.008. sedangkan a (batas kritis penelitian) = 0.05. Hal ini berarti bahwa p < a atau 0.008< 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa “Ada pengaruh metode bercerita dengan gambar terhadap perkembangan Bahasa pada anak usia 4-5 tahun di Raudhotul Athfal Sunan Kalijaga kecamatan Sukun Kota Malang”. Dapat disimpulkan setelah diberikan metode bercerita dengan gambar seluruh responden mengalami peningkatan perkembangan bahasa, oleh karena itu, metode bercerita dengan gambar ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif stimulasi dini untuk meningkatkan perkembangan Bahasa pada anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci : perkembangan bahasa, metode bercerita dengan gambar ABSTRACT Language development is important because the development of language is closely related to the development of child thinking and experience vulnerability in the first 5 years of life which is the foundation for further development, so that appropriate stimulation is needed according to his age. One of the stimulations that can be done to improve language development in children aged 4-5 years with the method of telling stories with pictures. This research is a pre experimental research with one group pretest-posttest design where sampling using purposive sampling with Sample number of 8 respondents. The result of data analysis using Wilcoxon Signed Rank Test obtained value Z = -2.640 with p value (Asymp Sig 2 tailed) = 0.008. whereas a (critical research limit) = 0.05. This means that p
Institution Info

Politeknik Kesehatan RS Dr Soepraoen Kesdam V