DETAIL DOCUMENT
Hubungan Lama Waktu Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah di TK Raudhatul Athfal Tazkiyah Sukun Kabupaten Malang
Total View This Week61
Institusion
Politeknik Kesehatan RS Dr Soepraoen Kesdam V
Author
Rashidinia, Della Tansia
Subject
 
Datestamp
2018-08-28 04:46:32 
Abstract :
ABSTRAK Perkembangan sosial pada anak masih menjadi masalah berat yang dihadapi orang tua saat ini karena membutuhkan pengawasan lebih. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak di era yang semakin maju akan teknologi saat ini adalah lama waktu penggunaan gadget, terutama jika pengenalan gadget ini diberikan terlalu dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah pada murid kelas A dan B TK Raudhatul Athfal Tazkiyah Sukun Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini menggunakan retrospektif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sejumlah 25 orang. Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah lama penggunaan gadget (independen) dan perkembangan sosial anak usia prasekolah (dependen). Uji statistik yang digunakan adalah chi-square dengan tingkat kemaknaan (α < 0,05). Hasil analisa bivariat menunjukkan adanya hubungan antara lama waktu penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah (p=0,001). Semakin lama penggunaan gadget maka perkembangan sosial anak usia prasekolah akan semakin kurang. Dari penelitian ini diharapkan orang tua lebih memperhatikan setiap kegiatan dan waktu anak dalam penggunaan gadget agar perkembangan sosial anak semakin baik dan terkontrol. Kata Kunci: lama waktu penggunaan gadget, perkembangan sosial anak. ABSTRACT Social development in children is still a severe problem facing parents today because it requires more supervision. One of the factors that affect the social development of children in an increasingly advanced era of technology today is the length of time the use of gadgets, especially if the introduction of this gadget is given too early. This study aims to determine the relationship between time of gadget using with social development of preschool ers in grade A and B TK Raudhatul Athfal Tazkiyah Sukun Malang Regency. This study used retrospective with cross sectional approach. The sample was chosen by using total sampling technique that was 25 people. The variables measured in this study were time of gadget using (independent) and social development of preschool ers (dependent). The statistical test used chi-square with significance level (α <0,05). The result of bivariate analysis showed there was relationship between the of time of gadget using with social development of preschool children (p = 0,001). The longer the gadget using, the social development of preschoolers will be less and less. From this research, it is expected that parents pay more attention to every activity and time of children in the use of gadgets so that social development of children is better and controlled. Keywords: time of gadget using, social development of preshcoolers 
Institution Info

Politeknik Kesehatan RS Dr Soepraoen Kesdam V