DETAIL DOCUMENT
Gambaran Tingkat Kepuasan Makanan dan Pelayanan Makanan Anggota Tni-Ad pada Dapur Kompi Markas yonif 144/jaya yudha Rejang lebong Tahun 2021
Total View This Week0
Institusion
Poltekkes Kemenkes Bengkulu
Author
WISIDA ANJATI, NOILA
Suryani, Desri
Haya, Miratul
Simbolon, Demsa
Kusdalinah, Kusdalinah
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2022-08-29 04:26:22 
Abstract :
Keberhasilan suatu intitusi penyelenggaraan makanan dapat dinilai salah satunya dari pelayanan yang diberikan. Pelayanan penyelenggaraan makanan yang baik dan bermutu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan pemakai jasa pelayanan gizi. Apabila hal ini dipenuhi, maka akan menimbulkan rasa puas. Semakin tinggi kepuasan, semakin baik mutu pelayanan kesehatan. Meningkatnya pola pikir masyarakat menyebabkan masyarakat lebih kritis menentukan pilihan dalam memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan untuk memperoleh kepuasan maksimal. Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan makanan dan pelayanan makanan anggota TNI-AD pada dapur Kompi Markas Yonif 144/Jaya Yudha Rejang Lebong Tahun 2021. Metode : Jenis penelitian yang digunakan deskriptif. Sampel berjumlah 30 orang, dilakukan di dapur Kompi Markas Yonif 144/Jaya Yudha Kabupaten Rejang Lebong. Data tingkat kepuasan makanan dan pelayanan makanan dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden, seluruh responden menyatakan puas dengan menu makanan pokok, 93,3% puas dengan menu lauk hewani, 96,7% puas dengan menu lauk nabati, 90% puas dengan menu sayur, 93,3% puas dengan menu buah, seluruh responden puas dengan tingkat pelayanan makanan pada waktu makan, keramahan pramusaji dan variasi menu, sedangkan seluruh responden tidak puas terhadap kebersihan alat makan dikarenakan tidak disediakan alat makan. Simpulan : Responden menyatakan puas terhadap pelayanan makanan oleh petugas. 
Institution Info

Poltekkes Kemenkes Bengkulu