DETAIL DOCUMENT
PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG ISI PIRINGKU SEBAGAI PANDUAN SEKALI MAKAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 27 BENGKULU TENGAH TAHUN 202
Total View This Week0
Institusion
Poltekkes Kemenkes Bengkulu
Author
APRIYUNISA, LIZA
Rizal, Ahmad
Yuliantini, Emy
Meriwati, Meriwati
Yunita, Yunita
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2022-09-02 02:05:51 
Abstract :
Pengetahuan gizi memegang peranan penting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. Berbagai masalah gizi dan kesehatan dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Salah satu bentuk visual dari gizi seimbang adalah Isi Piringku. Visual Isi Piringku menggambarkan panduan makan sehat setiap sekali makan dengan 50% bagian sayuran dan sedangkan 50% lainnya berupa makanan pokok dan lauk pauk. Menurut Rahmy, dkk (2020) Anak sekolah merupakan salah satu kelompok rentan gizi. Kelebihan gizi dan kekurangan gizi pada anak akan memberi dampak negatif terhadap potensi pertumbuhan ekonomi bangsa. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi dengan media animasi terhadap pengetahuan tentang isi piringku sebagai panduan sekali makan pada anak usia sekolah di SDN 27 Bengkulu Tengah. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest ? posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Quota Sampling yang berarti pengambilan sampel dilakukan dengan cara menetapkan jumlah subjek yang akan diteliti, populasi akan dibagi kedalam beberapa kategori berbeda yang kemudian sampel akan diambil sesuai kuota dari masing-masing kelompok. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan edukasi sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang kurang. Setelah diberikan edukasi terjadi peningkatan yaitu sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik. Berdasarkan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan ada perbedaan pengaruh yang bermakna antara pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan menggunakan media animasi (P Value = 0.000). Kesimpulan : Ada pengaruh edukasi melalui media animasi terhadap pengetahuan anak usia sekolah yang telah diberikan edukasi menggunakan media animasi di SDN 27 Bengkulu Tengah. 
Institution Info

Poltekkes Kemenkes Bengkulu