Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
FANIA RETNO, WINDA
Subject
380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Datestamp
2021-09-13 03:29:05
Abstract :
Skripsi ini berjudul Persepsi Siswa Kelas XII SMA Negeri 14 Palembang Terhadap Iklan
Televisi Tentang Aplikasi Ruangguru. Iklan aplikasi ruangguru yang menggunakan Iqbal
Ramadhan sebgai Celebrity Endorsment. Dikaitkan dengan trend belajar online saat ini,
pengguna celebrity endorsment bertujuan untuk menciptakan brand image pada masyarakat baik
teknologi maupun aplikasi tersebut. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana Persepsi
Siswa Terhadap Iklan Televisi Tentang Aplikasi Ruangguru?. Bertujuan untuk mengetahui
Persepsi Siswa Terhadap Iklan Televisi Tentang Aplikasi Ruangguru. Metode yang digunakan
adalah metode kuantitatif dengan cara menyebar kuesioner, populasi berjumlah 285 orang,
sementara sempelnya berjumlah 64 orang diperoleh dari teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling random 1 (sampel acak atau sampel cmpuran). Statistik pengujian
terhdap hipotesis menggunakan Regresi Linear Sederhana yaitu variabel Iklan Aplikasi
Ruangguru sebagai variabel bebas (X) dan persepsi siswa sebagai variabel terikat (Y). Dari hasil
pengolahan data dan Variabel (Y), di peroleh hasil Regresi Linear Sederhana antara Variabel (X)
dan Variabel (Y), di peroleh nilai t = 3,575, nilai signifikasinya sebesar 0,001 dengan taraf
signifikan 5%. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel X dan Y. Selanjutnya, hasil
besarnya hubungan antara dua variabel diperoleh nilai R square 0,654 (65,4%) artinya dapat
dikatakan hubungan antara dua variabel memiliki hubungan yang kuat. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa iklan televisi aplikasi ruangguru yang menggunakan celebrity endorsment
berpengaruh terhadap persepsi siswa.