Abstract :
Skripsi ini berjudul: Pengaruh Media Spelling Puzzle Terhadap Hasil Belajar
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangangan (Field Risearch) yang
berbentuk eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi, dengan teknik analisis uji-t. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas VII dengan jumlah 368 siswa dan yang diambil sebagai sampel hanya 46
siswa denga menggunakan teknik random sampling clustur.
Hasil penelitian ini adalah: pertama, hasil belajar siswa kelas VII di MTs
Negeri Prabumulih dikategori sedang. Kedua, setelah dilakukan perhitungan dan
analisis data, dilihat dari rumus uji-t pada soal post test diperoleh 4,384 kemudian
dikonsultasikan dengan ttabel dengan Df = (N1+N2)-2 = (38+38)-2 = 74 (Konsultasi
tabel nilai ?t?). Ternyata dalam tabel tidak ditemukan df sebesar 74 karena itu
dipergunakan df yang terdekat yaitu df = 70 diperoleh ttabel Pada taraf yang
signifikan 5% = 1,97 dan Pada taraf yang signifikan 1% = 2,50 setelah
dikonsultasikan thitung > ttabel hal ini berarti h0 ditolak dan ha diterima. Dengan
demikian pembelajaran yang menggunakan media gambar speliing puzzle
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs
Negeri Prabumulih pada materi shalat fardhu
Kelas VII Di MTs N Prabumulih Pada Materi Shalat Fardhu. Penelitian ini di latar
belakangi dengan melihat kemajuan teknologi yang sangat pesat dan proses
pembelajaran yang terus mengalami perkembangan menuntut guru agar dapat
membuat suatu inovasi-inovasi baru, salah satunya yaitu media gambar, bagaimana
media gambar tidak hanya dapat memperjelas materi saja tetapi dapat menarik
perhatian siswa, membuat siswa aktif di dalam kelas dan dapat membuat materi yang
diajarkan dapat tersampaikan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana hasil belajar siswa MTs Negeri Prabumulih, apakah ada pengaruh
media gambar spelling puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Negeri
Prabumulih pada materi salat fardhu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil
belajar siswa MTs Negeri Prabumulih, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
media gambar Spelling Puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Negeri
Prabumulih pada materi salat fardhu.