Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul
pembelajaran kimia berbasis POE (predict, observe dan explain) terhadap hasil
belajar siswa pada meteri larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen berupa pra-eksperimental dengan desain
rancangan model penelitian one grup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam dan pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple rondom sampling yaitu
kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dimana instrumennya
adalah soal pretest dan posttest yang berbentuk soal pilihan ganda. Efektivitas
modul ditinjau dari hasil analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan
analisis data n-gain score dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data n-gain score
didapatkan nilai rata-rata 0,58 yang termasuk dalam kategori sedang dan hasil uji
hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung ? ttabel maka H0 ditolak
sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan
bahwa modul pembelajaran kimia berbasis POE (predict, observe dan explain)
efektif terhadap hasil belajar siswa serta dapat digunakan sebagai bahan ajar
alternatif.