DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PADA PENERAPAN SISTEM KLASIFIKASI ISLAM DIPERPUSTAKAANSTITQI( SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN AL-ITTIFAQIYAH ) INDERALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
IHWAN, ZAINAL
Subject
 
Datestamp
2021-09-13 03:37:38 
Abstract :
Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan Perpustakaan yang melayani para Mahasiswa, Dosen, dan Karyawan suatu Perguruan Tinggi tertentu. Yang mana mempunyai fungsi adalah Pertama sebagai sumber belajar, Kedua sebagai penelitian, Ketiga sebagai pusat deposit internal Perguruan Tinggi, Keempat sebagai pusat plestarian Informasi dan Kelima sebagai pusat jejaring sebagai Civitas Akademik di lingkungan Perguruan Tinggi. Sebuah Perpustakaan Perguruan Tinggi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan atau keperluan pencari informasi (User), serta mempunyai sumber daya manusia yang professional dan didukung oleh bahan pustaka yang memadai. Pengolahan bahan pustaka merupakan pengorganisasian bahan pustaka yang dimulai dari pemeriksaan bahan pustaka yang baru diterima di Perpustakaan hingga penempatannya pada rak-rak yang telah disediakan, didalam pengelolaan perpustakaan ada pengklasifikasian buku yaitu berguna untuk dalam penyusunan dan pengelompokan buku yang sesuai dengan subyeknya masingmasing. Penelitian ini membahas tentang ?Analisis Penerapan Sisitem Klasifikasi Islam diPerpustakaan STITQI Inderalaya? dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah : 1) Bagaimana Penerapan Sistem Klasifikasi Islam diperpustakaan STITQI Inderalaya, 2) Apa kendala dalam Penerapan Sistem Klasifikasi Islam diPerpustakaan STITQI. Penelitian ini bertujuan utntuk mengetahui bagaimana penerapan sitem klasifikasi Islam di Perpustakaan STITQI serta kendalan apa saja yang dihadapi dalam penerapan sistem klasifikasi Islam di perpustakaan STITQI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Metode penelitian Kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun MetodeMetode digunakan untuk menghasilkan data dan menggambarkan secara mendalam mengenai Perpustakaan STITQI Inderalaya adalah dengan teknik observasi dokumentasi dan wawancara. Adapun sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kasubag perpustakaan STITQI, Subbag Sirkulasi Perpustakaan STITQI, dan Subbag umum Perpustakaan STITQI. Untuk Analisis data penulis menggunakan teknik Analisis deskriptif kualitatif berupa pemaparan data secara tertulis yang berasal dari objek penelitian yang ada diperpustakaan STITQI Inderalaya, dan terakhir mengkaji ulang serta menarik kesimpulan dan menyampaikan kondisi yang sebenar-benarnya. Kesimpulan yang dapat ditarik atau temuan dari hasil penelitian ini adalah ada beberapa hal yang dilakukan dalam proses Klasifikasi diPerpustakaan STITQI yaitu :1. Menentukan bagan klasifikasi, 2. Menetukan subyek bahan pustaka, 3. Menentukan nomor klasikasi, 4. Jenis-jenis koleksi yang digunakan, 5. Tujuan Klasifikasi diPerpustakaan STITQI, 6. Kendala yang dihadapi yakni kurangnya pengetahuan SDM dalam mengelola Perpustakaan, 7. Fasilitas, dan dana yang belum lengkap. Adapun upaya yang harus dilakukan Perpustakaan STITQI Inderalaya penulis menyarankan yaitu perlu sekali diikut serta kan dalam pelatihan-pelatihan mengenai Perpustakaan guna menembah wawasan dalam mengelola Perpustakaan, serta menambah pustakawan, ruangan dan memperluas agar Perpustakaan dapat digunakan secara epektif. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang