DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANGKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
SAPITR, ZEPI
Subject
 
Datestamp
2021-09-13 03:38:50 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka. Jenis penelitian yang digunakan berbentuk True Eksperimental Design. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen kelas VIII A dan kelas kontrol kelas VIII B. Pengumpulan data dilakukan adalah tes sebagai pengukur kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf 5%, diperoleh thitung > ttabel = 2,09>2,02. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang