DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN TATA CARA SHALAT SISWA KELAS VII MELALUI MATERI SHALAT PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PATRA MANDIRI PLAJU KOTA PALEMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
Navira, Estin
Subject
 
Datestamp
2021-09-13 03:42:46 
Abstract :
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang terdiri atas lima bab. Penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti ingin mengetahui Kemampuan Shalat Siswa dengan Penggunaan Media Audio Visual yang diterapkan pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Kelas VII di MTs Patra Mandiri Plaju Kota Palembang, Bagaimana hasil kemampuan Shalat siswa sebelum menggunakan Media Audio Visual kelas VII b melalui materi Shalat pada mata pelajaran Fiqih Ibadah di MTs Patra Mandiri Plaju Kota Palembang, Bagaimana hasil kemampuan shalat siswa sesudah menggunakan Media Audio Visual kelas VII b melalui materi Shalat pada mata pelajaran Fiqih Ibadah di MTs Patra Mandiri Plaju Kota Palembang, Apakah ada pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam meningkatkan kemampuan Shalat siswa kelas VII b melalui materi Shalat pada mata pelajaran Fiqih Ibadah di MTs Patra Mandiri Plaju Kota Palembang. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data yaitu: Observasi digunakan peneliti untuk mengadakan pengamatan secara langsung ketempat lokasi, dan cara belajarnya. Wawancara atau interview adalah menanyakan secara langsung dan secara lisan kepada responden, Tes digunakan untuk mengumpulkan data yang diberikan kepada siswa baik sebelum adanya penggunaan media Audio Visual maupun setelah digunakan media Audio Visual( pre test dan pos test ) untuk mengetahui secara langsung kemampuan shalat siswa dalam menggunakan media Audio Visual. Dokumentasi digunakan peneliti untuk menghimpun data tentang keadaan sarana dan prasarana, keadaan guru, administrasi, dan keadaan siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji t. Hasil Uji ? t ? menyatakan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah penerapan media Audio Visual dikelas VII b mengalami perbedaan signifikan dibandingkan sebelum menggunakan media Audio Visual pada mata pelajaran Fiqih materi Shalat, karena berdasarkan perbandingan nilai ? t ? yang terdapat pada t_0 adalah jauh lebih besar dari ? t ? tabel, baik pada taraf signifikan 5 % maupun pada tarafsignifikan 1%, atau 2,02 < 2,294 > 2,72 ini berarti Hipotesis Alternatif diterima, yaitu terdapat pengaruh yang sangat signifikan hasil belajar dari kemampuan shalat siswa kelas VII b antara sebelum dan sesudah penggunaan media Audio Visual pada mata pelajaran Fiqih materi Shalat di MTs Patra Mandiri Plaju Kota Palembang. Hal ini juga dapat dilihat dari sudah semakin banyaknya jumlah siswa yang mendapat nilai tinggi. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan media Audio Visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan shalat siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Shalat di MTs Patra Mandiris Plaju Kota Palembang. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang