Abstract :
Penelitian ini berjudul efektifitas penggunaan laboratorium IPA dalam
pembelajaran biologi di SMP Negeri 3 Palembang, masalah pendidikan
merupakan suatu hal yang penting dan dianggap pokok dalam kehidupan manusia,
salah satunya yaitu pemanfatan laboratorium IPA dalam pembelajaran kurang
dilakukan di sekolah-sekolah. Hal itu dapat disebabkan karena kurangnya ruangan
ataupun alat-alat dan bahan laboratorium serta tidak adanya teknisi labor dan
kurangnya pengelolahan laboratorium. Laboratorium adalah suatu tempat proses
belajar mengajar dengan aktivitas praktikum yang melibatkan interaksi antara
siswa, peralatan, dan bahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif melalui data yang disajikan adalah sumber primer meliputi kepala
laboratorium, guru. dan sumber sekunder adalah berupa buku-buku yang berkaitan
tentang penelitian, hasil wawancara, angket, dokumentasi, serta data-data yang
penunjang lainnya. Dimana hasil dari penelitian ini dengan rumusan masalah
yaitu: penggunaan laboratorium di SMP Negeri 3 Palembang dalam pembelajaran
kurang efektif karena dilihat dari kurangnya ketermanfaatan penggunaan
laboratorium dalam praktikum. Faktor yang menyebabkan kurang efektifnya
penggunaan laboratorium di sekolah tersebut dikarenakan tidak adanya teknisi
laboratorium, tenaga labor, serta kurangya jam pelajaran.
Kata Kunci : Laboratorium IPA, Pembelajaran, Pendidikan