Abstract :
Penelitian ini yang berjudul ?Pengaruh Film Animasi Terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Materi Kisah Nabi Adam A. S Mata Pelajaran PAI Kelas IV
SD Negeri 27 Palembang?. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses
pembelajaran PAI di SD Negeri 27 Palembang masih menggunakan metode
pembelajaran Konvensional sehingga siswa kurang tertarik pada pelajaran dan hasil
belajar kurang maksimal. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan media Film
Animasi Audio-Visual, diharapkan siswa dapat mengembangkan ide dan konsep
belajarnya terhadap materi yang telah dipelajari serta berbagi pengalaman kepada
rekan atau teman-temanya yang lain.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar
siswa kelas Eksperimen di kelas IV A SD Negeri 27 Palembang dengan
menggunakan media Film Animasi Audio-Visual, pada mata pelajaran PAI Materi
kisah nabi Adam A.S dan bagaimana hasil belajar siswa kelas Kontrol di kelas IV B
SD Negeri 27 Palembang dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada
mata pelajaran PAI Materikisah nabi Adam A.S, apakah terdapat perbedaan hasil
belajar siswa kelas Eksperimen di kelas IV A SD Negeri 27 Palembang dengan kelas
Kontrol di kelas IV SD Negeri 27 Palembang Pada mata pelajaran PAI materi kisah
nabi Adam A.S
Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Quasi Eksperimen Design
dengan Nonquivalent control group design dan data diperoleh dari hasil pre-test dan
post-test kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Adapun sampel dalam penelitian ini
yaitu kelas IV A sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas IV B
sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 25 siswa. untuk menjawab rumusan masalah
maka teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ?T? untuk dua sampel kecil yang
tidak mempunyai hubungan. Hasil belajar pre-test siswa kelas Eksperimen dan kelas
Kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan yakni 2,4 > 2,01.. Sedangkan hasil
belajar post-test antara kelas Eksperimen dan kelas Kontrol terdapat perbedaan yang
signifikan. Hal ini terlihat dari hasil uji ?t? yang menunjukkan bahwa to lebih besar
daripada tt baik pada taraf signifikansi 5% dengan perincian 6,38 > 2,01. Ini berarti
HO ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
yang signifikan pada mata pelajaran PAI materi kisah nabi Adam A.S antara kelas
Eksperimen yang menggunakan media Pembelajaran Film Animasi Audio-Visual
dengan kelas Kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Film Animasi
Audio-Visual.