Abstract :
Tesis ini berjudul ?Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Guru Pendidikan
Agama Islam pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliah Al Ittifaqiah
Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir?. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya
Rencana Program Pengajaran membantu dalam mencapai suatu tujuan
pembelajaran yang efektif, efisien, tepat waktu dan memberi peluang untuk lebih
mudah dikontrol dan dimonitor dalam pelaksanaannya. Maka evaluasi diperlukan,
apakah pembelajaran sudah tercapai apa belum sesuai dengan tujuan
pembelajaran, gurulah yang bertanggung jawab atas pelaksanaan evaluasi. Oleh
karena itu, maka yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah
Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrifsikan dan
menggali tentang Pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap
pelaksanaan evaluasi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah
Akhlak. Untuk mendeskrifsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung
dan penghambat yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam pada
pelaksanaan evaluasi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah
Akhlak di MA Al Ittifaqiah. Untuk menganalisis secara detail, tentang upaya Guru
dalam mengatasi hambatan pada Pelaksanaan Evaluasi pada Mata Pelajaran
Aqidah Akhlak.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) yang
bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan evaluasi pendidikan, jenis data
dan sumber data yaitu primer (Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru mata
pelajaran Aqidah Akhlak) dan sekunder yakni semua tenaga pendidik yang ada di
lingkungan Madrasah Aliah Al Ittifaqiah, maka teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara,
dokumentasi, dan triangulasi. Analisis dilakukan secara interaktif dan terus
menerus sampai tuntas dengan melalui model Miles dan Hubermen, yaitu data
reduction / reduksi data (merangkum dan memilih hal-hal pokok), data display
(penyajian data dalam pola singkat, kemudian conclusion drawing / verification
data atau diverifikasi/disimpulkan.
Adapun hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, Proses
pelaksanaan evaluasi pembelajaran aqidah akhlak sudah baik, mencakup
pembuatan kisi-kisi soal evaluasi pembelajaran, menyusun alat evaluasi
pembelajaran, waktu pelaksanaan, tehnik evaluasi pembelajaran, pemberian nilai
evaluasi, pelaporan nilai hasil evaluasi serta program remedial. Kedua, Faktor
pendukung terbagi menjadi dua: faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan
faktor penghambat yaitu keterbatasan jam pelajaran Aqidah Akhlak yang hanya
satu jam dalam satu pekan sehingga guru dalam pelaksanaan evaluasi
pembelajaran kurang maksimal, faktor guru bidang studi itu sendiri, karna guru
aqidah akhlak belum maksimal menggunakan alat media dengan baik dan
penggunaan IT, metode guru yang belum bervariasi dalam menyampaikan materi
pembelajaran. Ketiga, Upaya guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan
evaluasi pembelajaran: Meningkatkan keseriusan pada jam formal meliputi
kwalitas guru, media guru, penambahan jam aqidah akhlak diluar jam formal,
mengadakan les di luar jam formal supaya tidak ketinggalan materi pelajaran. Melengkapi media yang belum variatif berbasis IT, guru selalu memperbaiki
metode pembelajaran yang bervariasi.
Berdasarkan temuan di atas penulis merekomendasikan pada Madrasah
aliah al It-tifaqiah melalui Mudir dan khususnya kepala sekolah untuk menambah
jam pembelajaran PAI pada jam formal dan guru selalu mengembangkan
Kompetensi Guru dalam hal metodelogi pembelajaran di kelas, pembuatan
program pembelajaran sampai ke Analisis, Evaluasi serta selalu mengikuti dalam
hal seminar-seminar, MGMP, IHT dan segala hal yang menyangkut dengan
pengembangan Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci:
Evaluasi Pembelajaran, Aqidah Akhlak, MA Al Ittifaqiah