Abstract :
Daya tarik iklan adalah segala bentuk penyajian promosi ide, barang atau jasa secara
nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas daya tarik iklan televisi mie
sedaap white curry pada mahasiswa kos di PMD RT.21 / RW.08 Palembang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mengambil data melalui
penyebaran kuesioner serta memiliki variabel bebas (X) yaitu Daya Tarik Iklan dan
variabel terikat (Y) yaitu Efektivitas Iklan Televisi. Populasi penelitian ini berjumlah
120 orang, sementara sampelnya berjumlah 50 orang yang didapat dengan
menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, kuesioner dengan skala likers, dan dokumentasi.
Semua data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dianalisis menggunakan
program SPSS versi 20. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas daya tarik iklan
televisi mie sedaap white curry digunakan rumus regresi linier sederhana. Sehingga
diperoleh persamaan Y=80,397 + 0,757X dan memiliki nilai sebesar 0,654 (65,4%)
sehingga hubungannya positif. Selanjutnya untuk mengetahui signifikan atau tidak
signifikan antara variabel X dan Y dilakukan uji t dan hasilnya t hitung lebih besar
dari t tabel (6,675 >1,677). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada
efektivitas daya tarik iklan televisi mie sedaap white curry pada mahasiswa kos.