Abstract :
Khalifah Hotel Palembang merupakan salah satu perusahaan perhotelan
yang berbasis Syariah di Palembang, penlitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan peneliti mengangkat
skripsi yang berjudul : Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Khalifah Hotel Palembang).
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan pada Khalifah Hotel Palembang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang
digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh secara langsung berdasarkan
jawaban dari responden melalui penyebaran kuesioner dan sumber data sekunder.
Dan teknik pengambilan sampel yang digunakan ada teknik nonprobability
sampling, yaitu dimana setiap anggota populasi tidak mempunyai kesempatan
yang sama untuk dipilih sebagai sampel yang sama.
Diperoleh hasil dalam penelitiian ini adalah Variabelkualitas pelayanan
(X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Besaran
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan yang di lihat pada uji T
dengan nilai T hitung sebesar 11,356 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Sehingga
semakin baik kualitas pelayanan pada Khalifah Hotel Palembang maka akan
semakin tinggi minat pelanggan untuk menginap dan puas akan pelayanan yang
diberikan. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ?Kualitas Pelayanan
Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Khalifah Hotel Palembang?
terbukti.
Kata kunci: kualitas pelayan, kepuasan pelanggan