Abstract :
Puspa Nurulita, Pengaruh Motivasi Diri Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan keguruan Terhadap Hasil Menghafal Al-Qur?an Juz 30 Angkatan 2013
di UIN Raden Fatah Palembang. Skripsi, Palembang : Jurusan Pendidikan Agama
Islam UIN Raden Fatah 2017.
Latar belakang masalah penelitan ini adalah idealnya seseorang yang memiliki
Motivasi Diri yang tinggi maka orang itu juga memiliki hasil belajar yang baik pula.
Namun kenyataanya tidak semua orang yang memiliki Motivasi Diri memiliki hasil
belajar yang tinggi pula. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana motivasi diri mahasiswa prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Angakatan 2013 di UIN Raden Fatah Palembang. Bagaimana hasil menghafal
mahasiswa prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Angkatan 2013 di UIN
Raden Fatah Palembang dan adakah pengaruh motivasi diri mahasiswa prodi PAI
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Terhadap Hasil Menghafal Al-Qur?an Juz 30
Angakatan 2013 di UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat ada tidaknya hubungan motivasi diri mahasiswa prodi PAI Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan Terhadap Hasil Menghafal Al-Qur?an Juz 30 Angakatan
2013 di UIN.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PAI angkatan 2013 PAI 06 yang
bejumlah 46 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan angket
pada Variabel X dan Observasi pada variabel Y. Analisis datanya menggunakan
analisis contingency coefisiensi corelasi.
Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa yang memiliki
motivasi yang tinggi berjumlah 23 orang mahasiswa dengan persentase 50%.
Motivasi Sedang hanya dimiliki oleh 10 orang mahasiswa dengan persentase 21,73%.
Dan motivasi Rendah hanya 13 orang mahasiswa yang berada pada tingkat motivasi
rendah persentase 28,26%. Mahasiswa yang memiliki katagori hasil menghafal Al-
Qur?an juz 30 sebanyak 22 orang mahasiswa dengan persentase sebesar 47,82%.
Yang termasuk kedalam katagori sedang dalam hasil menghafal Al-Qur?an juz 30 ada
13 orang mahasiswa dengan persentase sebesar 28,26%. Sedangkan mahasiswa yang
termasuk ke dalam katagori hasil menghafal Al-Qur?an rendah ada 11 orang
mahasiswa dengan persentase sebesar 23,91%. Dengan demikian ? (yang berasal dari
perubahan terhadap C itu) lebih kecil dari pada r tabel baik pada taraf signifikan 5%
maupun 1%. Dengan ini maka hipotesis nol diterima berarti tidak ada korelasi positif
yang signifikan antara motivasi diri dan hasil menghafal juz 30.