Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citra merek, kualitas
produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop merek acer
pada mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang dan menganalisis faktor apa
yang paling dominan yang mempengaruhinya.
Populasi dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian laptop merek
acer pada mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang. Sampel yang diambil
dalam penelitian ini yaitu sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik
accidentall sampling.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat diperoleh persamaan regresi
sebagai berikut: Y= 9,344+0,205X1+0,011X2+0,320X3 +e. Berdasarkan analisis
data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini semuanya valid dan
variabelnya bersifat reliabel. Pada asumsi klasik, model regresi bebas
multikoleniearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan distribusinya normal.
Urutan dari masing-masing variabel yang berpengaruh adalah variabel harga
dengan nilai (thitung 3,297 >ttabel 1,29062) lalu setelah itu variabel kualitas produk
dengan nilai (thitung 2,134 > ttabel 1,29062) dan variabel citra merek dengan nilai
(thitung 3,297 >ttabel 1,29062).
Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, harga dan keputusan pembelian