Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
Raudhotussalimah, Raudhotussalimah
Subject
300 Ilmu Sosial (Umum)
Datestamp
2021-09-13 04:35:23
Abstract :
Dengan banyaknya berbagai macam jenis produk Laptop yang ada
dipasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen
melalui berbagai strategi yang tepat, dalam melakukan keputusan pembelian
konsumen dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Keputusan konsumen sangat
dipengaruhi oleh karakteristik budaya, sosial, dan pribadi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 684
orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 195orang. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan Probability sampling dengan tipe simple random sampling.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner. Teknik analisis
data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier
berganda dan uji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor?faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian
laptop acer pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam uin raden fatah
palembang.
Hasil dari penelitian berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa
Secara simultan faktor budaya, sosial, pribadi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian laptop acer pada mahasiswa fakultas ekonomi & bisnis islam. Secara
parsial dan Signifikan faktor budaya, sosial, pribadi berpengaruh terhadap
keputusan pembelian laptop acer pada mahasiswa fakultas ekonomi & bisnis
islam.
Nilai koefisien determinasi (R ) diketahui pengaruh dari ketiga variabel
independen (Faktor budaya,sosial, pribadi) terhadap variabel dependen (keputusan
pembelian) dinyatakan dalam nilai R yaitu sebesar 0,648 atau 64,8%, artinya
variabel keputusan bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam
penelitian budaya, sosial, dan pribadi secara bersama-sama. Sedangkan 35,2%
sisanya dijelaskan oleh keputusan yang lain diluar model penelitian ini