Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran
matematis ditinjau dari perspektif gender melalui pendekatan open-ended di kelas
VIII SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian faktorial 2 x 2.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 dengan
populasi tiga kelas sebanyak 71 siswa, dan sampel dua kelas, yaitu kelas VIII C
sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes. Sedangkan teknik analisis data tes menggunakan analisis
varians (ANAVA). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil 1) Terdapat
pengaruh penggunaan pendekatan open-ended terhadap kemampuan penalaran
matematis ditinjau dari perspektif gender di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Hal
ini ditunjukkan dari hasil analisis diperoleh FA = 13,716 dan FTabel = 4,057. karena
FA > Ftabel maka H0A ditolak. Dengan melihat rerata pada kelas eksperimen adalah
82,646855 dan kelas kontrol adalah 74,253205, maka pendekatan open-ended
lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat pengaruh
gender terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dari
analisis data diperoleh FB = 0,154 dan FTabel = 4,057 karena FB < FTabel maka H0B
diterima. Hal ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
siswa laki-laki dan siswa perempuan. 3) Tidak terdapat interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan gender terhadap kemampuan penalaran matematis.
Hal ini ditunjukkan oleh FAB = 0,52dan Ftabel = 4,057. Karena Fhitung < Ftabel maka
H0AB diterima.