Abstract :
Tesis yang berjudul, ?Komunikasi Pembelajaran Materi Akidah Akhlak di
Pondok Pesantren Muqimus Sunnah?. Adapun yang menjadi pokok kajian dalam
penelitian ini adalah bagaimana komunikasi yang diterapkan guru Akidah Akhlak di
pondok pesantren muqimus sunnah serta faktor apa saja yang mempengaruhinya?
Berangkat dari latar belakang pondok pesantren muqimus sunnah sebagai sebuah
lembaga yang yang bervisi iqomus sunnah dalam mendidik akidah dan akhlak siswanya
di tengah krisisnya moral saat ini. Jenis penelitian dalam tesis ini merupakan penelitian
kualitatif adalah menjelaskan, menggambarkan, dan menguraikan kemudian ditarik
kesimpulan mengenai komunikasi pembelajaran materi Akidah Akhlak di pondok
pesantren muqimus sunnah palembang. Adapun informan dalam penelitian ini adalah
siswa Pondok Pesantren Muqimus Sunnah dan 2 Guru Akidah Akhlak di Pondok
Pesantren Muqimus Sunnah
Sumber data terdiri dari sumber data primer diperoleh dari sumber pertama
yakni siswa yang sampelnya ditentukan secara random dan 2 guru Akidah Akhlak di
Pondok Pesantren Muqimus Sunnah. Sedangkan sumber data sekunder berupa buku?buku dan dokumentasi sekolah yang berkenaan dengan penelitian ini. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul
kemudian diperiksa kebenarannya, kemudian diedit, selanjutnya data tersebut
diklasifikasikan sesuai dengan aspek-aspek masalah yang ada, lalu disederhanakan,
disajikan dan ditarik kesimpulan dan diperoleh hasil. Penelitian ini menggunakan
teknik analisis Miles dan Huberman dan triangulasi sehingga permasalahan dilihat dari
berbagai sudut, baik dari berbagai sumber, masalah dan metode pengumpul data.
Adapun hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Berdasarkan pada rumusan
masalah, paparan data dan temuan penelitian di lapangan, maka dapat disimpulkan
bahwa komunikasi pembelajaran materi akidah akhlak di pondok pesantren muqimus
sunnah dikatakan efektif karena kejelasan penjelasan komunikasi jelas, bahasa dan
informasi dalam komunikasi tepat, konteks komunikasi sesuai dengan keadaan dan
lingkungan yang ada, alur komunikasi mudah dipahami, dan komunikasi pembelajaran
materi akidah akhlak sudah sesuai dengan budaya setempat. Kedua, faktor yang
mempengaruhi komunikasi pembelajaran materi Akidah Akhlak di Pondok Pesantren
Muqimus Sunnah, diantaranya; (1)Guru, (2)pesan yang disampaikan, (3)siswa,
(4)konteks pesan, (5)sistem penyampaian.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, saran yang dapat penulis sampaikan yaitu
hendaknya dalam mengajar guru harus terus menerus memperhatikan kesiapan siswa
sebelum memulai pelajaran, membangunkan motivasi siswa setinggi mungkin sehingga
siswa benar-benar semangat mengikut pelajaran, menyiapkan alat penarik perhatian
semenarik mungkin bagi siswa sehingga siswa benar-benar memperhatikan apa yang
mereka pelajari, membuat siswa berpartisipasi lebih aktif sehingga keaktifan siswa tidak
hanya sebatas mendengarkan apa yang dijelaskan guru, mengadakan pengulangan apa
yang sudah dijelaskan kepada siswa, memberikan umpan balik kepada siswa,
menghindari materi yang tidak relevan, menggunakan dan memakai bahasa dan
informasi yang jelas dan benar, menyesuaikan penyampaian materi deng