Abstract :
Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan siswa dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik
pada diri siswa karena tempat adanya interaksi antara individu. Cara belajar siswa terutama pada
mata pelajaran biologi sangatlah berbeda, seperti yang terjadi pada siswa di MTs Patra Mandiri
Plaju Palembang. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan. Pengambilan sampel pada penelitian
ini dilakukan dengan cara menganalisis data hasil belajar postest pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model team
assisted individidualization dalam pembelajaran biologi materi klasifikasi mahluk hidup
terhadap keaktifan belajar siswa di kelas VII MTS Patra Mandiri Plaju Palembang. Pengujian
homogenitas data dalam penelitian ini menggunakan uji F hitung dari hasil pengujian yang
dilakukan pada analisis data postest di dapat Fhitung = 1.76 pada tahap signifikan 5 % dan 1%
diperoleh Ftabel = 1.84 dilihat dari perhitungan Fhitung< Ftabel hal ini berarti Ha diterima Ho ditolak
dan kedua data tersebut bersifat homogen. Pengujian hipotesis dalam pengujian ini
menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis hasil belajar postest yaitu Thitung = dengan
Ttabel 1.69 terlihat bahwa Thitung >Ttabel artinya ? Ada pengaruh penggunaan model team assisted
individualization terhadap keaktifan siswa pada materi klasifikasi mahluk hidup di MTS Patra
Mandiri Plaju Palembang. Penerapan model team assisted individualization terhadap keaktifan
belajar siswa sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dapat menambah keaktifan
siswa dan mampu mengoptimalkan motivasi dan keberanian siswa dalam proses belajar.
Kata Kunci: Keaktifan Siswa