Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem posing
terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika kelas
VIII SMP Nurul Iman Palembang. Pada penelitian ini jenis penelitian yang
digunakan adalah true exprimental design. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas VIII tahun 2015-2016. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dan
dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu, siswa kelas VIII.3 dan kelas VIII.4. Tenik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.
Analisis data observasi pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga
mengalami peningkatan dan hasil rata-rata dari indikator kemampuan berfikir
berfikir lancar 53,33%, kemampuan berfikir luwes 51,38%, kemampuan berfikir
orisinil 51,67% dan kemampuan berfikir merinci 52,08%. Serta Anilisis data tes
menggunakan uji t dan taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis data menggunakan
uji t diperoleh thitung = 4.24 dan ttabel = 1,6619 pada taraf signifikan 5%. Hal ini
berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan problem posing terhadap
kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP
Nurul Iman Palembang dapat diterima