Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan bahan ajar tematik integratif
berbasis kearifan lokal tema indahnya keragaman di Negeriku subtema keragaman
suku bangsa dan agama di Negeriku yang valid, (2) Menghasilkan bahan ajar
tematik integratif berbasis kearifan lokal tema indahnya keragaman di Negeriku
subtema keragaman suku bangsa dan agama di Negeriku yang praktis, dan (3)
Menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal tema indahnya
keragaman di Negeriku subtema keragaman suku bangsa dan agama di Negeriku
yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
pengembangan Tessmer yang terdiri dari tahap Preliminery (tahap persiapan dan
tahap pendesainan) dan tahap formative evaluation (self evaluation, one to one,
small group, dan field test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
angket dan tes. Analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan Skala
Likert sedangkan keefektifan menggunakan rumus nilai pengetahuan dan
ketuntasan individual dan klasikal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas
IV.I SDN 88 Palembang dengan jumlah 31 orang. Dari hasil penelitian diperoleh
simpulan: (1) menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal
Palembang yang valid dilihat dengan hasil kevalidan tertinggi sebesar 80. (2)
menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang
yang praktis dilihat dari hasil angket respons peserta didik sebesar 100 (3)
menghasilkan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal Palembang
yang efektif dilihat dari hasil evaluasi peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar
96 atau 96% nilai ? 75.
Kata kunci :Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Kearifan Lokal