Abstract :
Penelitian disertasi berjudul ?Kompetensi Pedagogik Guru Pascasertifikasi serta
Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Kuantitatif Guru Pendidikan
Agama Islam Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Palembang? bertujuan
menganalisis kompetensi pedagogik guru PAI pascasertifikasi meliputi memahami
karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik,
pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, penilaian dan
evaluasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik di antaranya faktor
motivasi, usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pengalaman, jalur sertifikasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang digunakan adalah survei
penjelasan (explanatory survey method). Sampel berjumlah 17 guru PAI terdiri atas 9
guru PAI MTs Negeri 1 dan 8 orang guru PAI MTs Negeri 2. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, angket, dokumentasi, uji validitas, uji reliabelitas. Teknik analisa data
menggunakan analisis deskritif, uji asumsi/prasyarat, uji hipotesis, analisis bivariat, dan
analisis multivariat.
Hasil penelitian terhadap kompetensi pedagogik guru PAI menunjukkan
kompetensi kategori rendah berjumlah 12 orang (70,6%), kategori tinggi berjumlah 5
orang (29,4%), dan hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p > 0,05, hasil nilai p=
0,221.Tidak ada pengaruh faktor usia terhadap kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil
uji statistik Chi Square didapatkan nilai p > 0,05 nilai yang diperoleh p= 0,388. Tidak
ada pengaruh faktor jenis kelamin terhadap kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil uji
statistik Chi Square didapatkan nilai p > 0,05. Tidak ada pengaruh faktor latar belakang
pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru. Hasil uji statistik Chi Square
diperoleh nilai p = 0,873. Tidak ada pengaruh faktor pengalaman mengajar terhadap
kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p =
0.768. Tidak ada pengaruh faktor jalur sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik guru
PAI. Hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p =0.022. Ada pengaruh faktor
motivasi terhadap kompetensi pedagogik guru PAI MTs Negeri se-Kota Palembang.
Temuan penelitian hasil analisis bivariat menunjukkan variabel motivasi memiliki
nilai p < 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh faktor motivasi terhadap
kompetensi pedagogik guru PAI Pascasertifikasi MTs Negeri se-Kota Palembang