Abstract :
Guru atau pendidik adalah unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru figur
manusia, sumber yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam
pendidikan. Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen
menyebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta
didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan
pendidikan menengah. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam
pengelolaan pembelajaran yang ditandai dengan kemampuannya dalam
menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu. Guru yang berkompeten akan
lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mengelola kelasnya
sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik.
Penelitian ini merupakan data penelitian deskriptif kuantitatif yang dimaksud
deskriptif yaitu menggambarkan atau melakukan cara memperoleh data dan
menganalisis data yang diteliti. Sedangkan yang dimaksud kuantitatif adalah
penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta
hubungannya karena kuantitatif sendiri adalah penelitian yang merupakan analisis
penelitiannya dengan angka dan menggunakan perhitungan statistik dalam
menganalisisnya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data
skunder. Kemudian dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa?siswi kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang yang berjumlah 280 orang siswa yang
terdiri 8 kelas, peneliti memilih satu kelas untuk dijadikan sampel yang dapat
mewakili populasi yaitu kelas VII.1. berjumlah 29 orang siswa, untuk mendapatkan
data penulis menyebarkan angket untuk siswa dan wawancara perwakilan dari siswa
dan guru. Untuk menganalisis data tersebut maka dilakukan dengan rumus korelasi
product moment.
Hasil penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru PAI tersebut pada
kategori sedang. Hal ini terbukti dengan sebagian besar skor yang diperoleh dari 19
responden yang menyatakan sedang, setelah dilakukan perhitungan dengan komulatif
presentase yaitu (65,52%). Sedangkan Motivasi belajar siswa di SMP Negeri 19
Palembang dalam keadaan setabil atau sedang. Hal ini terbukti dengan sebagian besar
skor yang diperoleh dari 23 responden yang menyatakan sedang, setelah dilakukan
perhitungan dengan komulatif presentase yaitu (79,31%).
Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan
kompetensi pedagogik guru PAI terdapat pengaruh yang signifikan anatar kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII di SMP Negeri 19
Palembang. Berdasarkan