Abstract :
Skripsi ini membahas tentang peran perpustakaan dalam menunjang proses
pembelajaran kelas Internasional di SMA Negeri 1 Palembang beserta kendala yang
dihadapi perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam
penelitian ini yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan, staf perpustakaan dan siswa
kelas Internasional di SMA Negeri 1 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa peran perpustakaan SMA Negeri 1 Palembang dalam menunjang proses
pembelajaran kelas Internasional dari segi koleksi buku paket sudah cukup memadai
tetapi masih perlu ditingkatkan sehingga perlu dilakukan pengembangan koleksi- koleksi yang diperlukan oleh kelas Internasional dalam menunjang proses belajar.
Sedangkan yang menjadi kendala utama dalam penelitian ini yaitu masih kurangnya
tenaga pengelola perpustakaan sehingga perpustakaan tidak berjalan dengan baik, dan
kurangya sarana dan prasarana sehingga mengakibatkan kurangnya minat kunjung
siswa dan kecintaan siswa terhadap perpustakaan.
Kata kunci : Peran Perpustakaan, Proses Pembelajaran, Kelas Internasional