Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang?. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni rendahnya
kecerdasan emosional yang dimiliki guru dan rendahnya motivasi belajar yang
dimiliki siswa di MAN 3 Model Palembang.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana kecerdasan
emosional guru kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang? Bagaimana motivasi
belajar siswa kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang? dan Adakah pengaruh
antara kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIA IV di
MAN 3 Model Palembang?.
Dalam penelitian ini populasinya adalah anak kelas X MIA IV tahun pelajaran
2016/2017 dengan jumlah siswa 35, dari populasi tersebut diambil semua sebagai
subjek penelitian yaitu 35 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus statistik tes ?t?.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional Guru di
MAN 3 Model Palembang, termasuk dalam kategori sedang. Motivasi Belajar Siswa
yang diajar Guru yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi maupun Motivasi
Belajar Siswa yang diajar Guru yang memiliki Kecerdasan Emosional rendah,
termasuk dalam kategori sedang. Setelah dianalisis melalui uji statistik dengan
menggunakan tes ?t? ternyata hasil dari tes tersebut membuktikan bahwa ada
pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar
siswa kelas X MIA IV di MAN 3 Model Palembang. Hal ini dibuktikan dengan
perhitungan tes ?t? dengan hasil 9,81 yang lebih besar dari harga ?t? tabel baik pada
taraf signifikansi 5% = 2,03 maupun pada taraf signifikansi 1% = 2,72 sehingga
Hipotesis Alternatif (Ha) dapat diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.