Abstract :
Faktor utama yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah model
pembelajaran. Penelitian ini membahasa tentang studi komparatif model
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan tebak kata
(Guessing Word) terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi kelas XI di MA
Al- Fatah Palembang. Desain penilitian yang digunakan adalah The pretest-post?test two treatment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI
IPA. Pengambilan sampel ini dengan teknik sampling purposive (sampel
bertujuan). Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajar
menggunakan model TGT (Team Games Tournament) dan model tebak kata
(Guessing Word) pada materi Sel di MA Al-Fatah Palembang. Hasil ini juga
menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, berdasarkan
nilai rata-rata hasil belajar siswa di peroleh nilai rata-rata 78,57 untuk model tebak
kata dan 72.40 untuk model TGT . Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
siswa yang diajar menggunakan model tebak kata (Guessing Word) lebih baik dari
model TGT (Team Games Tournament).