Abstract :
Macromedia Flash 8 dapat menjadi ragam baru bagi pengembangan media
dalam dunia pendidikan, yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan
proses pembelajaran yang menarik dan bermutu karena visual efek dan animasi yang
interaktif sehingga materi yang akan disampaikan guru bisa diserap oleh siswa
dengan lebih baik dan tentunya akan mendapatkan hasil belajar yang optimal
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melihat fenomena yang terjadi di
SMA ?Aisyiyah 1 Palembang, media pembelajaran yang digunakan masih
menggunakan media yang seadanya saja, sehingga memungkinkan siswa kurang
tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman Kepada Rasul Kelas XI di
SMA ?Aisyiyah 1 Palembang.
Populasi dalam penelitian adalah seuruh kelas X, XI, XII tahun ajaran 2016-
2017 dengan jumlah siswa 351, dari populasi tersebut yang menjadi 38 siswa sebagai
sampel, dalam penentuan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu
peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan
sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen (experimental research), dengan desain penelitian
one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor.
Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel
frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung pengaruh penggunaan Macromedia Flash 8
terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus tes ?T?.
Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penggunaan Macromedia Flash 8 sudah berjalan dengan baik
dari setiap tahap pelaksanaan. Sedangkan hasil belajar siswanya tergolong baik
sebesar 26,32%. Berdasarkan analisa data dengan menggunakan rumus statistik tes
?T? ternyata ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan Macromedia Flash 8
terhadap hasil belajar siswa, setelah diketahui nilai uji ?t? diperoleh nilai ttabel = 9,6
adalah lebih besar dari pada ?t? tabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% atau
2,03 < 9,6 > 2,72.