Abstract :
Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting dalam interaksi pembelajaran sebab pada prinsipnya belajar adalah berbuat untuk mengubah tingkah laku. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas. Dalam kegiatan belajar, peserta didik atau siswa haruslah aktif. Dengan kata lain, bahwa dalam proses belajar mengajar sangatlah diperlukan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika setelah diterapkan metode resitasi di kelas VIII SMP Adabiyah Palembang. Untuk mengetahui tujuan penelitian, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diambil dari data observasi aktivitas siswa setiap pertemuan, dan dapat disimpulkan bahwa: Penerapan metode resitasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa, pertemuan pertama aktivitas siswa tergolong cukup aktif dengan rata-rata skor 57, pada pertemuan kedua terjadi peningkatan aktivitas siswa dengan rata-rata skor 73 dan terletak pada kategori aktif, pada pertemuan ketiga aktivitas siswa mengalami peningkatan lebih baik dari pertemuan pertama dan kedua dengan rata-rata skor 81 dan terletak pada kategori sangat aktif. Dari rata-rata ketiga pertemuan aktivitas siswa berkategori aktif dengan rata-rata skor 70. Dengan demikian Metode Resitasi dapat meningkatkan aktivitas siswa.
Kata kunci: Metode Resitasi dan aktivitas siswa, pembelajaran matematika