Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Jam Buka Perpustakaan
Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Kunjungan pemustaka
merupakan orientasi sebuah perpustakaan, maka setiap perpustakaan berlomba?lomba untuk meningkatkan kunjungan pemustaka. Jam buka layanan merupakan
gerbang awal dari sebuah layanan perpustakaan. Berawal dari terbukanya jam
buka layanan perpustakaan maka secara tidak langsung semua fasilitas dan
koleksi perpustakaan akan digunakan oleh pemustaka. Dalam penelitian ini yang
menjadi pokok permasahan ialah 1. bagaimana jam buka perpustakaan di
perpustakaan fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan uin raden fatah palembang, 2.
Bagaimanakah kepuasan pemustaka terhadap layanan jam buka di perpustakaan
fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan uin raden fatah palembang, 3. Bagaimana
pengaruh layanan jam buka terhadap kepuasan pemustaka di perpustakaan
fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan uin raden fatah palembang. Tujuan penelitian
in adalah untuk mengetahui jam buka yang ada di perpustakaan Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. untuk mengetahui
kepuasan pemustaka terhadap jam buka di Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang, untuk mengetahui pengaruh jam
buka perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pendekatan
korelatif kuantitatif. Penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengembangkan dan
menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang
berkaitan dengan fenomena alam. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 60
responden, pengumpulan data dengan mengunakan kuesioner teknik pengambilan
sampel yaituh dengan Sampling Insidental. Untuk mengukur skala likert dari hasil
penelitia ini dijabarkan melalui analisis penelitian dalam bentuk tabel dan analisis
dalam bentuk penafsiran dengan kalimat kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa jam buka perpustakaan dengan hasil 59,12, sehingga
penelitian termasuk dalam ketegori sedang.dan tingkat kepuasan pemustaka
dengan hasil nilai 87,17 sehingga penilaian tergolong tinggi. Serta pengaruh
layanan jam buka terhadap kepuasan pemustaka diketahui sebesar 0,415 termasuk
dalam kategori tingkat sedang