Abstract :
komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih
individu guna menperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagai
informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat
menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat. Tradisi atau
kebiasaan adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian
dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan,
waktu, atau agama yang sama. Skripsi ini berjudul ?Aktivitas Komunikasi Kelompok
dalam Tradisi Lelang Pesta Pernikahan Adat Desa Kalampadu Kecamatan Muara
Kuang Kabupaten Ogan Ilir?. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana
Komunikasi kelompok dalam tradisi lelang pesta pernikahan serta faktor-faktor
penghambat dan tantangan yang dihadapi Komunikasi Kelompok dalam tradisi lelang
pesta pernikahan, jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif, sumber datanya
berupa data primer dan skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka data tersebut dianalisis
dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian desa Kalampadu
Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir sebagai berikut: Komunikasi antar
keluarga kedua calon mempelai, komunikasi antar keluarga calon mempelai terhadap
masyarakat, komunikasi antar keluga calon mempelai dengan tukang orgen. Adapun
faktor-faktor penghambat dan tantangan yang dihadapi komunikasi kelompok dalam
tradisi lelang antara lain : Ekonomi dan Solidaritas.
katakunci: Komunikasikelompok, Tradisi, Lelang