Abstract :
Penelitian ini bermaksud mengungkapkan pengaruh rubrik Maskot Mang Juhai di
Harian umum Palembang Pos terhadap minat pembaca di Kelurahan Sekip Jaya RT
06 RW 02 Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh cerita Maskot
Mang Juhai sebagai media informasi hiburan terhadap masyarakat di Kelurahan
Sekip Jaya RT 06 RW 02 Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota
Palembang. Selain itu, cerita dari Maskot Mang Juhai ini sendiri mempunyai cerita
sendiri yang unik dengan kalimat yang mudah di mengerti sehingga pembaca terhibur
setelah membaca berita lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini masyarakat dengan jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 35 orang yang dihitung dengan menggunakan rumus
Suharsimi Arikunto yang dikelola menggunakan SPSS Versi 23 dan persentasi yang
sederhana. Dilihat dari kajian observasi dan penelitian (Fild Research) dengan
menggunakan teori The Individual Theory. Menurut teori perbedaan individual
(Individual Differences Theory) oleh Melvin D. Defleur yang menelaah bahwa dalam
setiap individu itu terdapat perbedaan-perbedaan merupakan sasaran media massa
ketika mereka diterpa sehingga menimbulkan efek. Teori ini berasumsi bahwa
khayalak atau pembaca secara selektif memperhatikan suatu pesan atau informasi
sesuai dengan keinginannya., sikapnya dan nilai-nilainya. Anggapan dasar teori
tersebut ialah bahwa manusia itu bervariasi dalam organisasi psikologi pribadinya.
Variasi dalam setiap individu akan perbedaan pandangan, pemikiran, pengetahuan
dan lain-lain. Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi perbedaan. Setelah
mempelajari dari lingkungan, mereka menghendaki seperangkat nilai dan
kepercayaan yang merupakan tatanan psikologinya masing-masing pribadi yang
membedakannya dari yang lain. Perhitungan variabel X Maskot Mang Juhai di
Harian Umum Palembang Pos memiliki nilai positif dengan jawaban setuju dan dan
sangat setuju sebesar 100 % dan beraa direntang skala tinggi dengan nilai mean
43,51% sebesar selanjutnya perhitungan variabel Y Pengaruh Daya Tarik Minat Baca
Masyarakat di RT 06 RW 02 Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning bernilai
positif dengan responden menjawab setuju dan sangat setuju sebesar 97,1% dan
berada direntang skala tinggi nilai mean sebesar 42,40% dari hasil uji hipotesis
diketahui jumlah keseluruhan sebesar 100% terhadap varibael X, dapat ditafsikan
?Cukup? sehingga hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan teori The
Individual Theory bahwa cerita Maskot Mang Juhai mempengaruhi minat pembaca
masyarakat di RT 06 RW 02 Kelurahan Sekip Jaya Kecamtan Kemuning.
Kata Kunci: Maskot Mang Juhai, Minat Baca