Abstract :
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan metode Two Stay Two
Stray terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini bagaimana Pengaruh Penerapan Metode Two Stay Two
Stray terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang ?
Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar di lakukan.
Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil kelas V yang berjumlah 34 siswa
dengan melihat hasil belajar sebelum dan sesudah. Teknik pengumpulan data yang di
gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakn observasi, dokumentasi dan
tes untuk tes analisa data , penulis menggunakan analisa uji ?t? dan TSR.
Berdasarkan analisis tersebut dapat di simpulkan bahwa penerapan Two Stay
Two Stray pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang di lakukan sebanyak 6 kali pertemuan , yaitu 1 kali
pretest (sebelum di beri perlakuan) 5 kali treatmen (pemberian perlakuan) dan 1 kali
posttest (setelah di beri perlakuan) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas
V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang saat pretest rata rata nilai 60
kemudian diadakan posttest setelah diberikan perlakuan sebagai 5 kali pertemuan
(treatmen) dengan rata-rata nilai 92. Tes diberikan pada saat pretest dan posttest sama
dengan 30 soal pilhan ganda. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode
Two Stay Two Stray terdapat hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PKn di
MI Hijriyah II Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan
merujuk pada uji ?t? di dapatkan besarnya T yang diperoleh dalam perhitungan =
29,432 dan besarnya ?t? yang tercantum pada table nilai t (tt.ts 5% = 2,03 dan tt,ts
1% = 2,72) maka dapat diketahui bahwa lebih besar daripada tt yaitu 2.03
<29,432> 2,72. Dengan demikian maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini
berarti bahwa adanya pengaruh penerapan Two Stay Two Stray dalam meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang .