Abstract :
Skripsi ini berjudul ?Pengaruh Kampanye Melalui Banner Tentang Kenaikan Harga
Karet Oleh Capres Dan Cawapres RI No Urut 01 Terhadap Elektabilitas Suara di
Pilpres 2019? (Studi di desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi
Banyuasin). Tahun 2019 dilangsungkan pemilihan presiden di Indonesia dengan
kandidat . Joko Widodo - K.H Ma?ruf Amin dan H. Prabowo Subianto ? Sandiaga
Salahuddin Uno. Kampanye adalah bagian yang inheren dari kegiatan pemilu. Tujuan
kampanye adalah memberikan informasi sehingga menggiring masyarakat untuk
memilih. Media dalam sebuah kampanye politik memainkan peran yang penting
dalam melakukan teknik persuasi. Oleh karena itu timses pasangan Widodo - K.H
Ma?ruf Amin membuat media kampanye melalui banner tentang kenaikan harga karet
dalam menghadapi pilpres 2019, rumusan masalah bagaimana pengaruh Kampanye
melalui banner tentang kenaikan harga karet, dan hasil penelitian menggunakan
program SPSS versi 23 dalam pengolahan data metode kuantitatif dengan cara
menguraikan kemudian membuat kesimpulan dari pertanyaan melalui angket yang
telah disebar kepada 60 orang responden yang dijadikan sampel. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa pengaruh kampanye melalui banner tentang kenaikan harga karet
terhadap elektabilitas suara dipilres 2019 termasuk katagori positif, terutama dalam
hal kenaikan harga karet, terbukti dari jumlah responden yang menjawab positif
( setuju dan sangat setuju ) yang mencapai angka 80,0 % selanjutnya hasil besaran
hubungan antara dua variabel (X) pengaruh kampanye melalui banner tentang
kenaikan harga karet diperoleh nilai R sguare 55,5 % artinya dikatan cukup
berhubungan dengan variabel (Y) elektabilitas suara dipilpres 2019, kemudian jika
dilihat dari uji t hitung sebesar 8,497 > 2,002 maka dapat disimpulkan bahwa H1
diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh positif tentang kampanye melalui
banner tentang kenaikan harga karet terhadap elektabilitas suara dipilpres 2019.