Abstract :
Skripsi dengan judul Strategi Manajemen Diri Dalam Mengatasi Stress
Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Tahfiz Darul Ridzuan Perak bertujuan untuk
mengetahui tingkat stress siswa yang mengalami stress akademik, faktor- faktor
penyebab siswa mengalami stress akademik, dan strategi manajemen diri dalam
mengatasi stress akademik pada siswa di Sekolah Menengah Tahfiz Darul Ridzuan
Perak, Malaysia.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif menggunakan
kaidah penelitian lapangan. Metode pengumpul data berupa wawancara, observasi dan
dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Subyek penelitian adalah 5 orang yaitu wakil ketua, guru
bimbingan konseling, guru bidang studi dan dua siswa stress akademik di Sekolah
Menengah Tahfiz Darul Ridzuan.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa, siwa yang mengalami stress
akademik merupakan siswa stress sedang dan ringan. Faktor penyebab siswa mengalami
stress akademik adalah school stress, belief, memory, lambat menghafal, sulit untuk
memahami, sanksi dari guru dan program-program yang diadakan sekolah mengganggu
waktu siswa untuk menyelesaikan tugas. Strategi manajemen diri dalam mengatasi
stress akademik pada siswa adalah komunikasi sosial, tingkah laku agresif, teknik
menulis, mempersingkat jadwal belajar, mengurangi tugas, memberikan support,
mengurangi program, menjaga pola makan yang dapat mempengaruhi hapalan,
kedisiplinan untuk tetap mentaati aturan, program remedial bagi siswa yang kesulitan
belajar, pendekatan agama, mendidik agar bisa memanej waktu dengan baik,
menampung masalah siswa, kegiatan ekstrakurikuler untuk relaksasi, program motivasi
manajemen waktu, program mentor mentee, zikir trapi jiwa, kiat-kiat atau trik
menghadapi ujian
Kata kunci: Manajemen diri; Stress Akademik