Abstract :
Skripsi ini berjudul ?Pengaruh Tayangan Dunia Binatang di Trans 7 Terhadap
Pengetahuan Anak-Anak? (Studi Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Negeri 02
Talang Kelapa). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pengaruh
Tayangan Dunia Binatang di Trans 7 Terhadap Pengetahuan Anak-Anak. Penelitian
ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang mengambil
data melalui penyebaran kuesioner serta memiliki variabel bebas (X) dan variabel
terkait (Y) yaitu Pengaruh Tayangan Dunia Binatang di Trans 7 (X) dengan aspek
intensitas, mental imagery, isi pesan, penyajian pesan, dan penyusunan pesan.
Sedangkan, Pengetahuan Anak-Anak (Y) dengan aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini berjumlaah 139 siswa dan dijadikan
sampel sebanyak 20% yaitu 28 orang siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan skala likert,
observasi dan dokumentasi. Seluruh data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner
dianalisis menggunakan program SPSS versi 23. Untuk mengetahui kuesioner bisa
atau tidak digunakan dalam penelitian maka terlebih dahulu dilakukan uji validasi dan
uji reliabilitas. Sedangkan untuk Pengaruh Tayangan Dunia Binatang di Trans 7
Terhadap Pengetahuan Anak-Anak digunakan rumus regresi linier sederhana.
Sehingga diperoleh persamaan Y = 46,741 + 0,252X dan memiliki nilai sebesar 0,065
(65%), yang artinya termasuk korelasi yang kuat sifat hubungan positif dan saling
berhubungan satu sama lain. Selanjutnya untuk mengetahui signifikan atau tidak
signifikan antara variabel X dan Y dilakukan Uji Hipotesis (Uji t) dengan hasilnya
thitung lebih besar dari ttabel (4.109 > 2.056), maka H1 diterima dan Ho ditolak.
Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh secara signifikan antara tayangan
dunia binatang di Trans 7 dengan pengetahuan anak-anak.