Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa (Studi
Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 17 Palembang)?.
Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar
jam pelajaran untuk memperluas wawasan serta peningkatan dan penerapan nilai-nilai
pengetahuan dan kemampuan serta menjadi wadah bagi siswa yang ingin
menggembangkan kemampuan menulis, khususnya dalam menulis cerpen. Penelitian
ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana kemampuan
menulis cerpen siswa yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 17
Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode analisis deskriptif, yakni menggambarkan dan menguraikan data yang di
dapat dari informan yang telah peneliti tentukan. Sumber data dalam penelitian ini
terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
data reduction, data display, dan verifying conclusion. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan, bahwa kemampuan menulis cerpen siswa yang mengikuti
ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 17 Palembang sudah tergolong baik. Hal
ini dapat dilihat dari indikator kemampuan menulis cerpen (a) mampu menentukan
topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerpen, (b)
mampu mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen
berdasarkan kehidupan diri sendiri (tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut
pandang dan gaya bahasa) yang sudah tergolong baik dan siswa sudah
memahaminya. Kelengkapan unsur-unsur penulisan cerpen juga sudah terlengkapi.
Ada kemajuan yang didapatkan siswa dalam menulis cerpen setelah mengikuti
ekstrakurikuler jurnalistik.