Abstract :
Media audio visual Movie Maker dapat menjadi ragam baru bagi
pengembangan media dalam dunia pendidikan, yang dapat menjadi alternatif bagi
guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu karena
visual efek, suara, dan animasi yang interaktif sehingga materi yang disampaikan
guru bisa diserap oleh siswa dengan lebih baik dan tentunya akan mendapatkan hasil
belajar yang optimal sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melihat
fenomena yang terjadi di SMP Negeri 19 Palembang, media pembelajaran yang
digunakan masih menggunakan media yang seadannya saja, sehingga memungkinkan
siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media audio
visual movie maker terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam materi Asmaul Husna Kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang.
Popolasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VII tahun ajaran 2016-2017 dengan
jumlah siswa 357, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik
purposive sampling yaitu kelas VII.1. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen (experimental research). Dengan desain penelitian one group pretest?postest desingn. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan
proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi . selanjutnya untuk
menghitung pengaruh penerapan audio visual movie maker terhadap hasil siswa
digunakan rumus tes ?T?.
Berdasarkan analisis data pengujian hipotesis didapat bahwa terdapat
pengaruh penerapan media audio visual movie maker terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna di SMP Negeri
19 Palembang, Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung (10,41) yang lebih besar dari
pada t tabel (2,03) Kesimpulan: 1) Hasil belajar siswa pada tahap pre test sebelum
menerapkan media audio visual movie maker menunjukkan dari seluruh siswa dengan
nilai rata-rata kelas 80,28 dengan standar deviasi 5,969; 2) adanya peningkatan hasil
belajar pada post test setelah diterapkannya media audio visual movie maker
dibanding hasil belajar siswa pada tes awal sebelum diterapkannya media audio
visual movie maker yakni sebesar 8,19. 3) Ada pengaruh Penerapan media audio
visual movie maker yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna di SMP Negeri 19 Palembang.
Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penilitian ini
menunjukkan bahwa penerapan audio visual movie maker sudah berjalan dengan baik
dari setiap pelaksanaan. Sedangkan hasil belajar siswanya juga tergolong baik.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus statistik tes ?T? ternyata ada
pengaruh yang signifikan antara penerapan media audio visual movie maker terhadap
hasil belajar siswa, setelah diketahui nilai uji ?T? diperoleh hasilnya sebesar 10.41
setelah dikonsultasikan dengan nilai .ttabel pada taraf signifikansi 95% (2,03) ternyata
diketahui bahwa hasil thitung lebih besar dari pada nilai ttabel