Abstract :
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pegawai apotek Kimia Farma Rosarum Cindo
Palembang dalam meningkatkan kepuasan pelanggan .penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode penelitiankualitatif adalah pencarian fakta dengan
intpretasi yang tepat.Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi.teori yang digunakan adalah teori interaksionisme simbolik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan teori interaksionisme simbolik memiliki tiga langkah
yaitu, self, mind, society dan menggunakan 3 pola komunikasi, pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah, pola komunikasi multi arah, kelebihan dari
pola komunikasi yang digunakan yaitu, dapat mempermudah pelanggan saat akan membeli obat atau berobat ke apotek, kekurangan dari pola komunikasi yang
digunakan yaitu, kurangnya pegawai di apotek kimia farma rosarum cindo Palembang membuat promosi di media sosial kurang aktif dijalankan.