Abstract :
Guru mempunyai tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat
dipahami oleh seluruh siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Pembelajaran Jarimatika adalah metode mudah diterima dan dipahami karena
cukup menarik, praktis, dan sederhana karena hanya menggunakan sepuluh jari
tangan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana hasil belajar siswa
sebelum diterapkannya metode jarimatika pada mata pelajaran Matematika kelas
IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma?had Islamy Palembang? Bagaimana hasil belajar
siswa sesudah diterapkannya metode jarimatika pada mata pelajaran Matematika
kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma?had Islamy Palembang? Bagaimana
perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode
jarimatika pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah
Ma?had Islamy Palembang?
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Penlitian ini
merupakan penelitian populasi yaitu seluruh siswa kelas IV berjumlah 30 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
observasi, tes, dan dokumentasi.
Dari perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan yaitu:
Pertama hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode Jarimatika pada mata
pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma?had Islamy bisa
dikatakan termasuk rendah. Hal ini bisa dilihat dari persentasi hasil belajar
Matematika siswa kategori tinggi terdapat 7 orang siswa (23 %), kategori sedang
sebanyak 15 orang siswa (50 %), dan kategori rendah terdapat 8 orang siswa (27
%). Kedua hasil belajar siswa sesudah diterapkan metode Jarimatika pada mata
pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma?had Islamy bisa
meningkat. Hal ini bisa dilihat dari persentasi hasil belajar Matematika siswa
kategori tinggi terdapat 7 orang siswa (23 %), kategori sedang naik menjadi
sebanyak 20 orang siswa (67 %), dan kategori rendah berkurang dari 8 orang
menjadi 3 orang siswa (10%). Ketiga Signifikansi perbedaan hasil belajar siswa
sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan metode Jarimatika
Matematika dikelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma?had Islamy Palembang
dengan membandingkan besarnya ?t? yang kita peroleh dalam perhitungan (to =
9,47) dan besarnya ?t? yang tercantum pada table nilai t (tt.ts. 5% = 2,04 dan tt.ts. 1%
= 2,76) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu
2,04<9,47>2,76. Karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang diajukan
ditolak