Abstract :
Saat ini banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik dan bagus sehingga bisnis
yang dikelolapun akan teracam, maka dari itu perusahaan harus pintar-pintar dalam
memilih strategi komuniasi pemasaran yang dapat menarik pengunjung yang banyak.
Sehingga pengunjung yang lama tidak berpaling ke tempat wisata yang lain.
Persoalan yang akan diungkap dalam skripsi ini yaitu, apakah strategi komunikasi
pemasaran yang dilakukan oleh Jakabaring Sport City telah berhasil meningkatkan
kunjungan masyarakat Palembang. Data yang diperoleh dalam pembuatan skripsi ini
didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa
data yang digunakan analisis data kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil
peneitian digambarkan dalam bentuk kata dan kalimat. Objek penelitian ini adalah PT
Jakabaring Sport City Palembang, sedangkan informannya adalah sekretaris dari
Jakabaring Sport City langsung dan lima dari pengunjung yang datang. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa alasan Jakabaring Sport City menggunakan
komunikasi pemasaran terpadu adalah untuk memberikan image yang baik di mata
masyarakat dan mempromosikan produk dan layanan yang ada. Ada lima strategi
yang digunakan oleh PT Jakabaring Sport City yaitu membuat banyak even,
memsang banner di depan masjid agung, membuat iklan melalui sosial media,
menambahkan wahana, serta melalui berita dari orang lain atau pengunjung yang
sudah datang kemudian menyarankan masyarakat lain untuk berkunjung. Kesuksesan
PT Jakabaring Sport City dalam melakukan strategi-strategi tersebut cukup menarik
minat masyarakat untuk berkunjung dan membuat masyarakat untuk berkunjung
kembali.
kata kunci: strategi komunikasi pemasaran, PT Jakabaring sport city