Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
ANGGRAINI, SISKA
Subject
Teknologi (umum), Ilmu Terapan
Datestamp
2021-09-14 01:10:56
Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Persepsi Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam UIN
Raden Fatah Palembang terhadap Tagar #2019gantipresiden Sebagai Strategi
Komunikasi Politik Pada Pilpres 2019? dengan latar belakang media sosial sebagai
alat komunikasi politik dapat menimbulkan berbagai persepsi, dimana media sosial
berperan penting untuk orang-orang berapresiasi dalam memberikan tanggapan
terhadap dunia politik. Pada penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu :
Bagaimana persepsi mahasiswa prodi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Raden Fatah
Palembang terhadap tagar #2019gantipresiden sebagai strategi komunikasi politik
pada pilpres 2019. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel yaitu mahasiswa prodi
Komunikasi Penyiaran Islam angkata 2015 dan 2016 dengan jumlah sampel sebanyak
25 orang. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field
research), yang disajikan secara desriptif kualitatif. Dari metode penelitian itu
didapatkan hasil bahwa persepsi mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam UIN
Raden Fatah Palembang terhadap Tagar #2019gantipresiden sebagai Strategi
Komunikasi Politik yaitu persepsi tentang pengertian tagar sebagai suatu gerakan
yang dibuat karena bentuk aspirasi masyarakat yang memberikan argumentasinya
terhadap pemerintahan, persepsi tentang tujuan tagar #2019gantipresiden sebagai
wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan argumentasi terhadap
pemerintahan, mencari perhatian masyarakat agar dapat memberikan dukungan untuk
mengganti presiden dan persepsi mengenai dampak penggunaan tagar
#1019gantipresiden untuk memberikan pertimbangan masyarakat khususnya
mahasiswa dalam memberikan hak pilihnya pada pilpres 2019.
Kata Kunci: Komunikasi Politik, Persepsi, Tagar #2019gantipresiden